Pengertian Hidung

Pengertian Hidung - Hallo sahabat Informasi Global, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Pengertian Hidung, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidung, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Pengertian Hidung
link : Pengertian Hidung

Baca juga


Pengertian Hidung

Pengertian Hidung

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fc/Neus1.jpg
Hidung Manusia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Secara anatomi, hidung adalah penonjolan pada vertebratayang mengandung nostril, yang menyaring udara untuk pernapasan. Hidung sebagai suatu istilah, dapat juga digunakan untuk menunjukkan ujung sesuatu, seperti hidung pada pesawat terbang.


 

 

Pengertian Hidung

Hidung adalah bagian yang paling menonjol di wajah, yang berfungsi menghirup udarapernapasan, menyaring udara, menghangatkan udara pernapasan, juga berperan dalam resonansisuara.
Hidung merupakan alat indera manusia yang menanggapi rangsangberupa bau atau zat kimiayang berupa gas. Di dalam rongga hidung terdapat serabut saraf pembauyang dilengkapi dengan sel-sel pembau. Setiap sel pembau mempunyai rambut-rambut halus (silia olfaktori) di ujungnya dan diliputi oleh selaput lendiryang berfungsi sebagai pelembab rongga hidung.

Proses mencium sesuatu

Pada saat kita bernapas, zat kimia yang berupa gas ikut masuk ke dalam hidung. Zat kimia yang merupakan sumber bau akan dilarutkan pada selaput lendir, kemudian akan merangsang rambut-rambut halus pada sel pembau. sel pembau akan meneruskan rangsang ini ke otak untuk diolah sehingga bisa mengetahui jenis bau dari zat kimia tersebut.

Penyakit pada hidung

Gangguan pada hidung biasanya disebabkan oleh radangatau sakit pilekyang menghasilkan lendir atau ingussehingga menghalangi bau mencapai ujung saraf pembau. Gangguan lain juga bisa disebabkan oleh adanya kotoran pada hidung dan bulu hidung yang terlalu banyak. Membersihkan hidung dari kotoran dan merapikan bulu, dapat membantu menghindarkan gangguan penciuman.

Dikutip dari : https://id.wikipedia.org/wiki/Hidung
 


Demikianlah Artikel Pengertian Hidung

Sekianlah artikel Pengertian Hidung kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Pengertian Hidung dengan alamat link https://digitalkesehatanglobal.blogspot.com/2016/09/pengertian-hidung.html
Share on Google Plus

About yde

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments :

Post a Comment